KISI-KISI UJIAN NASIONAL 2015/2016
Jenis Sekolah : SMA Islam
Darussalam
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Program : IPA/ IPS
Kurikulum : 2006
Alokasi Waktu : 120
Menit
Jumlah Soal : 50
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
NO.
URUT
|
NO.
(SKL)
|
INDIKATOR SKL
|
BAHAN/ KLS
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
NO.
SOAL
|
1.
|
1
|
Menentukan unsur-unsur paragraf, ide
pokok, kalimat utama, kalimat penjelas.
|
X, XI, XII
|
·
kalimat utama
·
kalimat opini
|
Disajikan kutipan paragraf, siswa
dapat menentukan:
·
kalimat utama
·
kalimat opini dengan tepat
|
1
2
|
·
ide pokok
·
pertanyaan
|
Disajikan kutipan paragraf, siswa dapat menentukan:
·
ide pokok paragraf
·
kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi
paragraf
|
3
4
|
||||
·
tujuan penulis
·
simpulan
|
Disajikan kutipan paragraf, siswa dapat menentukan
·
tujuan penulis dengan tepat
·
simpulan paragraf
|
5
6
|
||||
·
kalimat penjelas
|
Disajikan paragraf,
siswa dapat menentukan kalimat penjelas yang tidak padu
|
7
|
||||
2
|
1
|
Menentukan isi paragraf: fakta, opini,
pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan penulis, arti kata/istilah,
isi biografi.
|
X, XI, XII
|
·
kalimat fakta
·
arti kata
|
Disajikan kutipan paragraf, siswa dapat menentukan:
·
kalimat fakta
·
arti
istilah dalam paragraf
tersebut
|
8
9
|
XI
|
·
keteladanan/
kemenarikan tokoh
|
Disajikan kutipan biografi sastrawan, siswa dapat menentukan
·
keteladanan/kemenarikan/ keistimewaan/
konflik/masalah yang dihadapi tokoh
|
10
|
|||
3
|
1
|
Menentukan opini penulis dan pihak yang
dituju dalam tajuk rencana/editorial.
|
X
|
·
opini penulis
·
pihak yang dituju
|
Disajikan kutipan tajuk rencana, siswa dapat menentukan:
·
opini penulis tajuk rencana
·
pihak yang dituju
|
11
12
|
4
|
1
|
Menentukan isi dan simpulan grafik,
diagram atau tabel.
|
XI
|
·
pernyataan yang sesuai isi
·
simpulan isi
|
Disajikan grafik/ tablel, siswa dapat menentukan:
·
pernyataan yang sesuai dengan isi
grafik/tabel
·
simpulan isi grafik/tabel
|
13
14
|
5
|
1
|
Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi.
|
X, XI,
XII
|
·
makna kata berlambang
·
suasana
·
isi
|
Disajikan puisi pendek, siswa dapat menentukan:
·
makna kata berlambang
·
suasana dalam puisi tersebut
·
isi puisi tersebut
|
15
16
17
|
X,
XII
|
isi pantun
|
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan maksud isi pantun./ melengkapi pantun yang rumpang
|
18
|
|||
6
|
1
|
Menentukan unsur-unsur
intrinsik/ekstrinsik novel/cerpen/drama.
|
XII
|
Gurindam
|
Disajikan gurindam, siswa dapat menentukan maksud isi gurindam tersebut
|
19
|
·
amanat
·
nilai-nilai
·
pendeskripsian watak
|
Disajikan kutipan novel/cerpen,
siswa dapat menentukan:
·
amanat
·
nilai budaya/moral/sosial
·
pendeskripsian watak
tokoh
|
20
21
22
|
||||
· isi
· konflik
|
Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan:
·
isi
·
konflik
|
23
24
|
||||
7
|
1
|
Menentukan unsur-unsur intrinsik dan
ekstrinsik sastra Melayu klasik/hikayat.
|
XI,XI
|
·
nilai-nilai
·
peristiwa
|
Disajikan kutipan hikayat/ naskah
Melayu klasik, siswa dapat
menentukan:
·
nilai-nilai (moral, negative, positif, sosial, budaya) yang tedapat dalam naskah
tersebut/ amanat, watak tokoh
· keterkaitan peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari
|
25
26
|
8
|
2
|
Menulis paragraf padu.
|
X, XI, XII
|
paragraf eksposisi
|
Disajikan beberapa kalimat yang diacak, siswa dapat menentukan urutan
yang tepat sehingga menjadi paragraf eksposisi proses yang padu
|
27
|
9
|
2
|
Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf
dengan kalimat yang padu.
|
XII
XII
|
simpulan generalisasi
|
Disajikan paragraf generalisasi yang simpulannya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan
kalimat simpulan yang tepat
|
28
|
X,XII
|
paragraf sebab akibat
|
Disajikan paragraf sebab-akibat yang rumpang, siswa
dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat
|
29
|
|||
XII
|
Paragraf deskripsi
|
Disajikan paragraf deskripsi yang rumpang, siswa dapat melengkapinya
dengan kalimat yang tepat
|
30
|
|||
Paragraf narasi
|
Disajikan paragraf narasi yang rumpang, siswa dapat melengkapinya
dengan kalimat yang tepat
|
31
|
||||
10
|
2
|
Melengkapi teks pidato.
|
X,XII
|
kalimat persuasif dalam pidato
|
Disajikan teks pidato yang kalimat
persuasifnya dirumpangkan, siswa
dapat melengkapinya dengan kalimat persuasif yang tepat
|
32
|
2
|
Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan,
kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan,
peribahasa.
|
X.XI,XII
|
kata baku/ kata serapan
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata baku
yang tepat.
|
33
|
|
kata serapan
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata
serapan yang tepat.
|
34
|
||||
kata berimbuhan
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata
berimbuhan yang tepat.
|
35
|
||||
kata ulang
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata ulang
yang tepat.
|
36
|
||||
Ungkapan/
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat
melengkapinya dengan ungkapan yang
tepat.
|
37
|
||||
Pribahasa
|
Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat
melengkapinya dengan peribahasa yang tepat. / menentukan peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi
|
38
|
||||
11
|
2
|
Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata
penghubung/istilah dalam paragraf.
|
X, XI, XII
|
frasa ajektiva
|
Disajikan paragraf dengan menggunakan
frasa ajektif yang salah , siswa dapat memperbaiki frasa tersebut dengan tepat
|
39
|
kata penghubung
|
Disajikan paragraf yang rumpangang tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata penghubung yang tepat.
|
40
|
||||
12
|
2
|
Menulis surat resmi.
|
XII
|
surat lamaran pekerjaan
|
Disajikan
iklan lowongan pekerjaan, siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat
lamaran pekerjaan sesuai dengan iklan tersebut./ berdasarkan
inisiatif.
|
41
|
13
|
2
|
Menyunting kalimat dalam surat resmi.
|
XII
|
Penutup surat lamaran
|
Disajikan kalimat penutup surat
lamaran pekerjaan yang kurang tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya
|
42
|
14
|
2
|
Menulis judul sesuai EYD.
|
XI,
XII
|
judul karya ilmiah
|
Disajikan judul karya tulis dengan huruf kecil semua dalam kalimat, siswa dapat menentukan
penulisan judul karya tulis yang tepat sesuai dengan EYD
|
43
|
15
|
2
|
Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan
masalah).
|
XI,
XII
|
latar belakang karya ilmiah
|
Disajikan sebuah topik karya tulis
ilmiah, siswa dapat menentukan
latar belakang sesuai dengan topik
tersebut
|
44
|
rumusan masalah karya tulis ilmiah
|
Disajikan sebuah topik karya tulis
ilmiah, siswa dapat menentukan
rumusan masalah sesuai dengan topik
tersebut
|
45
|
||||
16
|
2
|
Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan kata
kias/berlambang/berima/bermajas).
|
X, XI, XII
|
Majas
|
Disajikan puisi rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan majas yang
tepat.
|
46
|
17
|
2
|
Melengkapi dialog drama.
|
XI
|
dialog drama
|
Disajikan kutipan naskah drama yang rumpang, siswa dapat melengkapinya
dengan kalimat yang tepat.
|
47
|
18
|
2
|
Menentukan kalimat resensi.
|
XI,
XII
|
kalimat resensi
|
Disajikan ilustrasi sebuah buku, siswa dapat menentukan kalimat resensi berdasarkan ilustrasi/ kutipan tersebut dengan
tepat
|
48
|
19
|
2
|
Menentukan kalimat kritik.
|
XII
|
kalimat kritik
|
Disajikan kutipan karya sastra, siswa dapat menentukan kalimat kritik
berdasarkan kutipan tersebut dengan tepat
|
49
|
20
|
2
|
Menentukan kalimat esai.
|
XI,
XII
|
kalimat esai
|
Disajikan kutipan karya sastra, siswa dapat menentukan kalimat esai
berdasarkan kutipan tersebut dengan tepat
|
50
|
0 komentar:
Posting Komentar