SEKOLAHKU BANGKIT
Opini ; Oleh Rahmat
Selamet SGI, S.Pd
Relawan Pendidikan Daerah
SDN 29 Beso
Angin adalah sekolah dasar negri yang serba terbatas dari keadaan demikian bisa
di indikasikan sekolah di daerah yang belum merdeka, letaknya yang berada di
tengah - tengah hutan dan perkebunan coklat terletak di desa Besoaangin
kecamatan Tubi taramanu Kabupaten Polewalimandar provinsi Sulawesi Barat kode
Post ; 19355. Mulai Oprasional ; tahun 1981 (akte pendirian) Luas Tanah / lahan
; 10.000
Luas
Bangunan ; 2614
Status
Tanah ; Milik Pemerintah Status Bangunan ; Milik Pemerintah Terakreditasi ; BKatagori
Sekolah ; Sekolah Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2014 Keadaan siswa Jumlah
Siswa 101 orang.
Letak geografis berada anara latide 3 derajat 11’LT 23.6 BT,(3.1899
) longitude
118
56’ 0.6” (118. 9335
) east Average elevation; 943 meter
(3,094 feet) sebelah utara desa kolehala dusun tasambulng sebelah selatan desa
priang sebelah selatan desa rate sebelah barat desa tibu, 86 KM dari pusat kota polewalimandar. Dengan
kondisi jalan berbatu dan berlubang tanjakan dan turunan sudah tentu akan dijumpai
menjadi santapan pengendara, sungai kalamete dan sungai hulu mandar yang
membelah kota besoangin mengalir memisahkan dengan desa priang menambah khasanah
wisata alam. Tidak muadah memang untuk melalui desa besoangin kota, perlu
melewati 12 sungai besar dan anak sungai serta 3 tebing tinggi yang rawan
longsor ketika turun hujan.
Besoangin kota
dinamakan karena konon wilyah ini memakamkan para jenajh nenek moyangnya di
kotak dan dengan harta peningalannya. Tokoh adat setempat bernama bapak Kaco
alias Irwan 44 tahun , secara cerita yang di wariskan dari leluhur Jaman
sejarah mengatakan daerah ini berdiri kerajaan yang terpisah dari wilayah yang
lain yang bernama kerajaan Masda. Tetapi peperangan yang dahsyat antara suku
masda dengan tetangganya kerajaan majene, menjadikan daerah ini menjadi tempat
persembunyian, tidak ada prasasti sejarah yang bisa di ungkap, Karena belum
pernah arkeolog singgah untuk meneliti kebenran sejarah.
Sekolah terpencil
ini tetap bangkit dalam arti belajar
anak giat kuat di atas bukit, walau akses jalan yang bisa di tempuh dengan mobil
oproad 4x4 WD atau yang lebh di kenal dengan mobil kanvas dan kendaraan motor
dan kuda yang bisa melewati sekolah kami, tapi semangat anak sekolah tetap
berkobar walau serba terbatas dari segala aspek, baik tenaga pengajar,
kesehatan, ketahanan pangan, akses listrik, jalanan, pasar, bangunan.
Dalam Pancasila
menyebutkan bahwa kemanusiaan yang adil dan beradab tetapi fakta membuktikan 113
kk di desa besoangin berada di bawah garis kemiskinan dan dalam hal ini perlu
adanya upaya solusi sebagai dasar pembangunan jangka panjang di daerah
diantaranya mengupayakan uasaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki
kekuatan sepiritual keagamaan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. UUD 1945 pasal 20, pasal 21 pasal 28 C
ayat (1) Pasal 31 dan pasal 32
menyetujui untuk mengembangkan kemapuandan membentuk watak serta
peradaban bangsa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kpada tuhan
yang maha esa berakhak mulia, sehat ,
berilmu, cakap, kreatif, mandri, dan menjadi warga Negara yang demokratis yang
bertanggungjawab dapat tercipta.
Kurangnya
perhatian dari pendidik dan masyarkat sekitar untuk menciptakan kegiatan
belajar yang layak ternyata membuat lemahnya kompetdapatenga ratnsi lulusan. Perlu
sekali ditambah guru mengajar sebagai guru kelas karena guru tetap hanya 1
orang dan guru honorer 2 orang. Akibatnya roda kegiatan KBM terseok seok
alakadarnya. Ditengah ratapan cita-cita siswa terdapat harapan yang sama
mengiginkan kehidupan dan ppendidikan yang layak.
Rata – rata hasil UN 3 Tahun terakhir 16,24 sangat rendah. Perlu
adanya upaya perbaikan dalam segi kurikulum dan cara persiapan menghadapi ujian
nasional.
Ini merupakan salah satu sampel roda pendidikan Indonesia yang berada di
daerah yang perlu perhatian, pemerataan kelayakan pendidikan trcapai.
Pemerataan tenaga
pendidik dan atau pengngkatan pegawai negri harus direalisasikan sebagi upaya
solusi pemeratan penyelenggaraan percepatan pondasi pilar Negara melalui wajar pendidikan
dasar.
Alhamdulillah ada PNS Guru Kelas yang dikirim kesana
BalasHapusAlhamdulillah ada PNS Guru Kelas yang dikirim kesana
BalasHapus