
Dalam bisnis, marketing atau pemasaran
merupakan hal yang penting untuk meningkatkan penjualan. Maka dari itu
pebisnis kemudian belomba-lomba untuk terus berinovasi mencari celah
agar dapat mendapatkan teknik pemasaran yang efekstif dan efisien.
Dengan munculnya jaringan internet, kini marketing pun menjadi lebih
bervariasi.
Selain marketing offline seperti Word of Mouth (WOM),
membagi brosur, dan memasang banner, sekarang pemasaran melalui media
online atau internet marketing juga sangat efektif menarik banyak
konsumen. Salah satu bentuk internet marketing yang ada dan sering
digunakan para pebisnis adalah email marketing.
Email marketing yang dilakukan dengan
berpromosi melalui email (elektronik mail) ini biasanya akan semakin
sukses jika Anda memilki subscriber yang banyak. Subscriber adalah para
pelanggan yang telah mencantumkan atau mendaftarkan email mereka pada
website Anda. Para pebisnis yang serius pada internet marketing memang
seringkali merangcang website-nya dengan layanan email subscribers.
Hal ini digunakan untuk memfasilitasi
bilamana ada pengunjung websitenya yang kemudian tertarik pada website
Anda dan ingin terus mendapatkan info terbaru dari website Anda. Meski
hal ini penting, namun banyak orang belum mengerti dan belum bisa
memaksimalkan jumlah subscriber mereka. Artikel ini akan sedikit
menjelaskan 6 tips guna menambah subscribers email pada bisnis Anda.
Berikut 6 tips tersebut.
1. Posisi Kotak ‘Signup’ Di Tempat Yang Tepat
Posisi menentukan prestasi, itulah
pepatah yang sering kita dengar saat berada di lingkungan sekolah. Dalam
penempatan kotak “signup” hal ini juga berlaku. Untuk memaksimalkan
kotak “signup” disarankan agar Anda meletakkan kotak pendaftaran ini
pada posisi yang berbeda pada tiap halaman website.
Ini artinya Anda bisa menempatkan dari
mulai atas, bawah, tengah atau dari samping halaman website. Yang pasti
Anda harus membuat variasi untuk mengetahui seberapa besar orang yang
mendaftarkan emailnya. Lihat contoh penerapannya berikut ini.
Hunterboots.com


Startupbisnis.com

2. Waspadalah Menggunakan Email Signup Pop-up
Untuk menghindari rasa bosan dan kecewa
para konsumen pada website Bisnis Anda, sebaiknya Anda perlu membuat
kebijakan pada email signup pop-up Anda. Email signup pop-up memang
seringkali mengesalkan bagi beberapa konsumen, apalagi bila muncul
terlalu sering atau bahkan tidak bisa ditutup.
Permintaan email signup berbentuk Pop-up
yang terlalu sering muncul atau tidak bisa ditutup adalah sebuah usaha
yang ‘berlebihan’ dan tidak efektif dalam mencari subscriber karena
terkesan memaksa dan membuat pengunjung website Anda merasa tidak
nyaman. Seperti contoh gambar berikut ini.
Jokosusilo.com
Tidak semua orang mau menerima informasi
yang ingin Anda berikan melalui email, terutama pengunjung yang belum
pernah membeli, orang yang baru mengunjungi website Anda, dan pengunjung
yang belum pernah mengklik link dari email yang Anda kirimkan. Sangat
disarankan untuk memunculkan email signup pop-up ini sekali saja, dan
berikan opsi pada mereka untuk menutupnya.
3. Giring Subscriber Untuk Meneruskan Email Pada Teman-temannya
Untuk membuat subscriber Anda meneruskan
email yang Anda bagi memang bukanlah hal yang mudah. Ini membutuhkan
sebuah keseriusan dalam membuat konten atau isi email yang sangat
menarik. Jika konten email Anda memang sangat menarik, ada kemungkinan
subscriber Anda akan membaginya pada teman-temannya.
Jika hal ini terjadi maka peluang besar
untuk mendapatkan konsumen baru akan semakin terbuka. Hal lain yang bisa
Anda lakukan adalah mencantumkan link berbagi/share dalam setiap
newsletter yang Anda kirim. Karena dengan adanya link ini, subsciber
Anda akan semakin dimudahkan untuk membagi email-email dari Anda
tersebut kepada teman-temannya.

4. Promosikan Newsleter Secara Offline
Bagi Anda yang menjalankan bisnis
offline-online, maka tak ada salahnya jika mempromosikan newsletter pada
jaringan offline. Jangan lupakan bahwa jaringan offline juga penting
untuk juga Anda garap. Siapa tahu ada dari beberapa dari mereka yang
kemudian tertarik dan kemudian ingin berlangganan via offline ataupun
online. Kita tidak ada yang tahu sebelum kita benar-benar menjalankannya
bukan.
5. Gunakan Media Iklan Berbayar
Terakhir bagi Anda yang memiliki dana lebih, Anda bisa mencoba beriklan pada media sosial seperti #Facebook dan #Twitter
untuk menambah subscribers email. Salah satu layanan yang saat ini
banyak digunakan adalah Twitter Signup Cards. Dengan layanan ini Anda
bisa terbantu untuk meningkatkan mailing list. Facebook Ads juga sering
digunakan para pebisnis online untuk meningkatkan jumlah subscribers
mereka, ini layak untuk dicoba.
Tapi sekali lagi yang harus dicatat
adalah karena ini layanan berbayar maka Anda harus memilki tujuan dan
target yang jelas. Anda juga harus selalu memantau perkembangan
subscriber dari hasil iklan Anda. Jangan sampai biaya yang telah Anda
keluarkan untuk iklan ini berujung pada kesia-siaan. Semoga tips ini
bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar